PROFIL JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED

SEJARAH BERDIRI JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH FIS UNIMED

      Jurusan Pendidikan Sejarah (JPS) Fakultas Ilmu social (FIS) Universitas Negeri Medan (UNIMED) merupakan jurusan tertua di FIS. Sejarah JPS sejalan dengan perkembangan FIS UNIMED yang mengikuti perkembangan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Medan. Sebelum IKIP Medan  berstatus institut, Lembaga pendidikan ini sejajar kedudukannya dengan Universitas Sumatera Utara (berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor : 48/1957 Tanggal 30 Oktober 1957 Lembaga Negara No 105/1957 Universitas Sumatera Utara resmi berdiri). IKIP awalnya bernama PTPG yang berubah menjadi salah satu fakultas baru di Universitas Sumatera Utara dengan nama Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP).

       Pada tahun 1964 FKIP berubah status menjadi bagian (cabang) IKIP Jakarta yang kemudian membawahi empat fakultas. Salah satu fakultas tersebut adalah Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS) tempat JPS bernaung bersama Jurusan Antropologi, Jurusan Civic Hukum, dan Jurusan Ekonomi Umum. Nama fakultas mengalami tiga kali perubahan, pertama pada tahun 1964-1969 dengan nama Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS), kedua pada tahun 1969-1981 bernama Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), dan ketiga pada tahun 1981-1999 berubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial bernanung di bawah Universitas Negeri Medan.
Selaku institusi yang memiliki wewenang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Jurusan pendidikan sejarah telah meraih akreditasi B melalui SK Dikti Nomor 240/Dikti/Kep pada tanggal 11 Juli 1996 dan SK BAN Nomor ; 002/BANPT/AK-II/XII.1998, tanggal 22 Desember 1998. Kemudian pada tahun 2006 melalui SK BAN Nomor 003/BAN-PT/AK – IX/SI/II/2006 Jurusan Pendidikan Sejarah menjadi satu-satunya jurusan di Fakultas Ilmu Sosial Unimed yang memperoleh akreditasi A. Sejak Juli 2011 BAN-PT juga menyatakan akreditasi A berdasarkan keputusan No 014/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011, berlaku sampai Juli 2016. Adapun Ketua Jurusan dari Mulai berdiri sampai Tahun 2015 adalah :

  1. Drs. Daud Manurung
  2. Drs. D.F Panjaitan
  3. Drs. Osman Simanjuntak
  4. Drs. Anas Machmud
  5. Drs. .M. T. Sitanggang
  6. Drs. I. Simangunsong
  7. Drs. Sanusi
  8. Dra. Hasmah Hasyim
  9. Drs. Romanus Sibero, M.Pd
  10. Dr. Samsidar Tanjung, M.Pd
  11. Drs. Nur Alamsyah, M.Si
  12. Dra. Trisni Andayani, M.Si (Periode Tahun 2005 s/d 2011)
  13. Dra.Hj. Lukitaningsih, M.Hum (Periode Tahun 2011 s/d 2014)
  14. Dra. Flores Tanjung, M.A Periode Tahun 2014 s/d sekarang

 

VISI

Menjadi Jurusan yang unggul dalam menghasilkan tenaga kependidikan bidang sejarah yang profesional, memiliki kecerdasan intelektual, berdimensi moralitas religius berdasarkan kemampuan softskill yang berkarakter dalam menghadapi tuntutan dunia global.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan pembelajaran dalam bidang kependidikan ilmu sejarah sehingga menghasilkan sumberdaya manusia yang kompoten, produktif dan profesional
  2. Mengembangkan dan mengaplikasikan Sofskill serta membangun karakter dalam proses pembelajaran sejarah
  3. Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti, menulis dalam bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  4. Mengaplikasikan ilmu pendidikan dan ilmu sejarah melalui kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat dan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri.
TUJUAN
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bidang sejarah yang kompeten, produktif, mampu mengaplikasikan softskill yang berkarakter,  dan memiliki etos kerja professional
  2. Menghasilkan sarjana dengan kemampuan melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah guna pengembangan ilmu pengetahuan, teknoligi, dan seni
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan dan mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, berlandaskan softskill  sesuai tatanan kehidupan bersama dalam membangun karakter bangsa, guna menghadapi tantangan yang berkembang di tengah arus globalisasi.
  4. Merjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam aplikasi pendidikan dan ilmu sejarah khususnya bidang kepariwisataan.
PROFIL LULUSAN
  1. Profil lulusan Jurusan Pendidikan Sejarah (S1) FIS UNiMed adalah sarjana dalam bidang pendidikan sejarah yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam mentransformasikan  ilmunya kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Profesi dan bidang pekerjaan atau keahlian yang menjadi formasi lulusan S1 Jurusan Pendidikan Sejarah adalah:

    1. Guru sejarah di sekolah untuk tingkatan SD, SMP, SMA, dan yang sederajat
    2. Peneliti bidang pendidikan sejarah dan atau ilmu sejarah
    3. Penulis buku, jurnal, dan editor bidang pendidikan sejarah, sejarah, dan rumpun ilmu social
    4. Pemandu (guide) dunia pariwisata
    5. Museolog
    6. Laboran laboratorium sejarah
KURIKULUM
    1. Struktur Kurikulum

No

Kelompok

SKS

1

Mata Kuliah Umum (MKU)

12

2

Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK)

10

3

Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS)

118

4

Mata Kuliah Pilihan (MKP)

10

Jumlah Mata Kuliah/SKS

150



Back to Top