UNIMED Lepas 340 Peserta SM3T Ke 8 Kabupaten Di Indonesia

Minggu, 15 September 2015 - 22:10:17 WIB

Universitas Negeri Medan pada 17 Agustus 2015 resmi memberangkatkan 340 peserta Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) kedaerah pengabdian di 8 kabupaten di Indonesia dilaksanakan di Stadion Unimed. Daerah yang menjadi tujuan pengabdian tersebut yakni : Kabupaten Simeulue Aceh, Kabupaten Lanijaya Papua, Kabupaten Asmat Papua, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Kabupaten Timur Tengah Utara NTT, Kabupaten Tagulandong Biaro Sulawesi Utara, Kabupaten Halmahera Utara Maluku Utara, dan Kabupaten Talaud Sulawesi Utara. Kegiatan Pelepasan kedaerah pengabdian yang dirangkai dengan penutupan kegiatan Prakondisi SM3T Unimed angkatan V yang telah dilaksanakan pada 3-17 Agustus 2015 di Kampus LPP Medan ini dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para wakil rektor, para dekan, wakil dekan, dosen pendamping, panitia, semua orang tua dan keluarga, serta undangan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutannya beliau berharap agar kita semua hadirin, terkhusus peserta SM3T angkatan V dan keluarga dapat mewujudkan syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa karena kita sore ini dapat memberangkatkan 340 peserta kedelapan kabupaten di wilayah daerah 3T di Indonesia. Mereka akan mengabdikan dirinya untuk mencerdaskan anak negeri, dan mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa dan negara tercinta Indonesia. Saya dan kita semua mendoakan saudara semua agar selama mengabdikan diri didaerah pengabdian tetap diberikan kesehatan, kekuatan, dan komitmen yang tangguh untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Saya juga berharap agar saudara ditempat daerah pengabdian nanti bisa menjaga kebersamaan, kekompakan, dan kesatuan hati, sehingga selama satu tahun saudara bisa merasa bahagian dan tenang, walaupun jauh dari orang tua, keluarga dan keramaian yang selama ini anda rasakan. Tunjukkanlah perilaku terbaik, ramah dan santun kepada masyarakat tempat saudara tinggal nantinya. Saya yakin saudara bisa dan mampu menjadi masyarakat baik dan guru yang mendidik anak-anak di sekolah penempatan nantinya, karena saudara telah dilatih selama 14 hari di kegiatan Prakondisi oleh personil TNI dari Kodam 1 Bukit Barisan, Pramuka Kwarda SUMUT, BKKBN, para dosen yang melatih dalam manajemen pengajaran. Jagalah nama baik Unimed selama saudara mengabdikan diri menjadi orang Indoneisa sejati untuk menjadi pahlawan yang mencerdaskan anak bangsa.

Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, M. Pd, selaku penanggungjawab SM3T Unimed berpesan kepada peserta SM3T angkatan V yang diberangkatkan mulai selasa, 17 agustus 2015 besok, agar dapat menunjukkan diri saudara menjadi guru terbaik bagi murid-murid saudara nantinya, serta menjadi warga yang santun dalam berbaur dimasyarakat penempatan. Jumlah peserta SM3T angkatan V yang diberangkatkan ini 340 orang yang akan menempati 8 daerah yakni : 38 orang di Kabupaten Simeulue Aceh, 63 orang di Kabupaten Lanijaya Papua, 50 orang di Kabupaten Asmat Papua, 48 orang di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, 38 orang di Kabupaten Timur Tengah Utara NTT, 40 orang di Kabupaten Tagulandong Biaro Sulawesi Utara, 30 orang di Kabupaten Sulawesi Utara dan 35 orang di Kabupaten Halmahera Utara Maluku Utara. Dalam Pemberangkatan kemasing-masing daerah tujuan nantinya mereka akan didampingi oleh 3-4 dosen pendamping sampai ketujuan, dan diserahkan kepada pemerintah setempat.

Sementara koordinator SM3T Unimed Dr. Sanusi Hasibuan, M.Kes, mengatakan dalam laporannya bahwa seluruh peserta selama mengikuti Prakondisi dari 3-17 agustus 2015 dalam keadaan sehat dan siap diberangkatkan kedaerah pengabdian. Dalam acara pemberangkatan ini juga dihadiri oleh keluarga besar dari seluruh peserta SM3T angkatan V yang akan kita berangkatkan. Semoga kehadiran keluarga dan motivasi serta doa seluruh civitas Unimed akan mendorong semangat siap juang didaerah 3T dalam mencintakan generasi emas Indonesia. Jayalah SM3T, jayalah indonesia. (Humas Unimed).


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top