FIS UNIMED Rintis Twin Program Dengan FIS UNY

Senin, 02 Mei 2016 - 14:33:06 WIB

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan melakukan rintisan kerjasama dalam Twin Program dengan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta untuk program studi Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kegiatan Rintisan Twin Program ini dilaksanakan pada Senin, 6 Juli 2015 di kampus UNY. Hadir pada pertemuan tersebut dari Unimed : Dekan FIS Dr. Restu, MS, Wakil Dekan I FIS. Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, dan Staf Ahli WR1 Dr. Lisyanto, M.Si. sedangkan dari UNY : WR4 UNY Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. Kepala Biro UPK Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd, Kepala Biro AKI Drs. Sukirjo, M.Pd.

Kesepakatan kerjasama ini dalam rangka pengembangan kompetensi dan peningkatan kualitas SDM dosen dan lulusan, serta membina hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak dalam melaksanakan fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Maksud dan tujuan dari rintisan Twin Program ini adalah sebagai upaya penjajakan bersama dalam memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak guna mengembangkan berbagai aspek dalam bidang ilmu pendidikan dan keguruan. Rintisan twin program (transfer of credit) guna meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan. Serta meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Tujuan Tim Unimed hadir ke UNY dalam rintisan twin program ini yakni melakukan penjajakan terkait persamaan mata kuliah, KRS dan KHS, Biaya Kuliah dan pemondokan mahasiswa nantinya. Setelah kerjasama twin program ini disepakati bersama nantinya, maka mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi, Prodi Pendidikan Sejarah, dan Prodi Pendidikan PKN dari Unimed dapat dengan lancar kuliah di Prodi yang sama di UNY, begitu pula sebaliknya mahasiswa UNY dapat kuliah di Unimed dengan baik. Direncanakan program ini akan dapat dilaksanakan pada tahun akadenik semester ganjil 2015/2016.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan bahwa kita pimpinan Unimed sangat mendukung kegiatan twin program antara FIS Unimed dengan FIS UNY. Program ini tentunya sangat mendorong agar para mahasiswa dapat terpacu dalam meningkatkan kualitas diri dalam belajar, sehingga mengikuti program ini. Program ini sangat mendukung peningkatan kualitas dan daya saing lulusan Unimed untuk lebih mampu bersaing dan menambah wawasan mahasiswa.   Dengan rintisan twin program ini nantinya akan disepakati antara keduanya untuk bisa melakukan pertukaran mahasiswa dalam proses pembelajaran pada bidang studi ilmu sosial diatas, sehingga mahasiswa FIS Unimed akan terdorong lebih giat belajat mempersiapkan diri untuk mengikuti program ini.

Dekan FIS Unimed Dr. Restu, MS, juga mengatakan bahwa upaya rintisan twin program ini telah kita rancang dengan baik dan sudah ada penjajakan sebelumnya, karena kita berkeinginan mahasiswa FIS Unimed dapat terpacu lebih serius belajar untuk meningkatkan daya saing lulusan. Jika mahasiswa Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah dan Pendidikan PKn Unimed nantinya bisa kuliah pada Prodi yang sama di UNY. Tentunya akan berdampak pada kualitas dosen Unimed untuk terus memacu dirinya lebih produktif dan siap dalam merancang pembelajaran, serta menghasilkan karya-karya inovatif yang mendukung kualitas perkuliahan. Jika kesepakatan program ini sudah terwujud nantinya, maka kita akan melakukan rangkaian seleksi untuk memilih mahasiswa yang dianggap cakap dan mampu mengikuti perkuliahan di UNY. Semoga program ini dapat cepat terwujud dan rancangan yang telah tersusun dapat kita laksanakan sebaik munkin untuk mendukung kemajuan institusi yang kita cintai ini. (Humas Unimed).


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top