Pemilihan HMJ PPKN FIS Cerminkan Demokrasi Keindonesiaan

Senin, 09 Mei 2016 - 13:50:06 WIB

Medan – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PPKn FIS Unimed akan menggelar pemilihan HMJ baru di tahun 2016 ini. Mahasiswa yang diunjuk sebagai panitia telah berdiskusi aktif dengan bimbingan para dosen, telah menentukan mekanisme dan rancangan yang mencerminkan demokrasi keindonesiaan. Diantaranya ada Komisi Pemilihan Umum (KPU), pendataan calon pemilih, adanya Debat Kandidat calon ketua, dan pemilihan langsung yang diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif jurusan PPKn FIS Unimed. Pola seperti ini belum secara menyeluruh dilakukan dalam pemilihan organisasi tingkat kemahasiswaan di Unimed.

Turut hadir dalam acara debat calon kandidat ketua HMJ PPKn, yakni Wakil Dekan III FIS Drs. Waston Malau, M.SP, Ketua Jurusan PPKn Dr. Reh Bungana Br. P.A, M.Hum, Sekretaris Jurusan, para dosen FIS, perwakilan HMJ para ratusan mahasiswa Unimed.

Pelaksana dan serangkaian jadwal dari semua kegiatan di atas adalah KPU yang telah ditentukan. Mekanisme ini akan dilalui untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua HMJ PPKn periode 2016-2017.

Kegiatan ini selain bahagian dari proses pergantian kepengurusan HMJ PPKn juga merupakan bentuk proses pedidikan politik secara nyata bagi mahasiswa PPKn yang dalam proses perkuliahan juga membahas persoalan pendidikan politik.

Ketua KPU Mahasiswa PPKn Unimed Hamdi Abdullah Hasibuan mengatakan bahwa mekanisme ini disepakati oleh seluruh mahasiswa sebagai wujud nyata dari teori-teori yang telah kami geluti di proses perkuliahan bersama dosen. Semoga bentuk pemilihan yang baru HMJ PPKn ini menjadi spirit baru mahasiswa Unimed dalam memahami proses demokrasi di Indonesia dan dapat mengimplementasikan dimasyarakat nantinya.

Kegiatan debat kandidat calon ketua dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 Maret 2016 di halaman depan jurusan PPKn, akan diikuti oleh 3 (tiga) calon ketua dan wakil ketua HMJ PPKn yang telah dinyatakan lulus ferivikasi oleh KPU Mahasiswa PPKn dan telah berkampanye pada tanggal 22-28 maret 2016. Ketiga Kandidat Ketua dan Wakil Ketua HMJ yaitu nomor urut 1 pasangan Antoni M. Sinurat  dan Rizky Suhada, Nomor urut 2 pasangan Oiryza Aprilia dan Chandra F. Neva, dan Nomor Urut 3 pasangan Erwin Syahputra dan Hariansyah. Pemilihan sendiri akan diadakan pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2016 di Jurusan PPKn                                              radio

Wakil Dekan III FIS UNIMED Drs. Waston Malau, MSP. dalam sambutannya  mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan positif dalam rangka meningkatkan edukasi pendidikan politik bagi mahasiswa di jurusan PPKn. Kegiatan ini juga akan mengajarkan bagaimana mahasiswa dapat berperan aktif dalam pembangunan demokrasi di lingkungan kampus Unimed”. Kami pimpinan FIS dan seluruh fungsionaris sangat mengapresiasi atas ide dan kreativitas mahasiswa melakukan tampil beda dari biasa yang telah ada di lingkungan Unimed dalam pemilihan pengurus organisasi kemahasiswaan. Semoga kegiatan ini menjadi nilai positif bagi mahasiswa Unimed dalam meningkatkan pemahamannya tentang demokrasi yang tidak akan pernah kita tinggalkan dalam hidup bermasyarakat ini


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top