Kuliah Lapangan Jurusan Pendidikan Geografi ke BMKG

Jumat, 20 Mei 2016 - 01:38:36 WIB

Medan - Senin, (16/5) Sebanyak 30 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan mengadakan kuliah lapangan ke Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan. Kuliah lapangan matakuliah Meteorologi/Klimatologi yang diampu oleh (alm) Drs. Julismin, M.Pd dan Riki Rahmad, S.Pd., M.Sc ini bertujuan mengenal lebih dekat bagaimana proses pengumpulan, pengolahan, dan penyebarluasan data cuaca dan iklim yang selama ini dilakukan oleh BMKG. Kunjungan ini disambut oleh beberapa staf BMKG diantaranya Sunardi, S.Kom (Kepala Bidang Data dan Informasi), Chichi Nurhafizah, S.Si, Christin Aprin Matondang, S.Kom (Staf Pelayanan Jasa), Albertus Tua Simanulang, S.Kom (Analis Gempa), dan Endah, S.T (Forecaster/prakirawan). 

Kuliah lapangan diawali oleh penyajian materi mengenai Meteorologi dan Klimatologi, kemudian dilanjutkan mengenai Gempa Bumi dan Tsunami. Pada sesi ini mahasiswa banyak bertanya bagaimana unsur-unsur cuaca dan iklim bisa dikonversikan kedalam sebuah data yang mudah dimengerti dan dipahami. Kegiatan selanjutnya mahasiswa dibagi kedalam tiga kelompok yang akan melakukan observasi secara bergantian. Pertama, mahasiswa diperlihatkan alat-alat pengukur unsur-unsur cuaca seperti alat pengukur suhu udara, penakar hujan, kecepatan dan arah angin, panci evaporasi untuk mengukur penguapan, kualitas udara, lamanya penyinaran matahari, serta tekanan udara. Masing-masing alat diperagakan fungsi dan cara pengukurannya. Kegiatan kedua, mahasiswa dibawa kedalam ruangan yang dilengkapi seperangkat komputer dengan sistem komputasi yang canggih yang telah terhubung dengan radar serta citra satelit real time untuk melihat kondisi awan, angin, serta kandungan uap air di udara. Dan kegiatan ketiga, mahasiswa diperlihatkan bagaimana hasil dari pengukuran oleh alat penakar diolah menjadi data cuaca dan iklim yang siap dipublikasikan kepada masyarakat. Dari semua kegiatan ini diharapkan mahasiswa semakin bertambah wawasannya mengenai ilmu cuaca dan iklim.

Kegiatan kuliah lapangan ini direncanakan akan diadakan juga pada hari Rabu (17/5) dan Kamis (18/5) dan total mahasiswa yang direncanakan mengikuti kegiatan ini berjumlah 139 orang. Dari hasil kunjungan ini juga disepakati bahwa kegiatan ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun. Ke depan direncanakan akan ada kolaborasi/kerja sama antara jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED dan BMKG baik dalam bentuk kuliah umum oleh staf ahli BMKG, seminar, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top