Kuliah Umum BMKG Wilayah I Medan di Jurusan Pendidikan Geografi

Rabu, 29 Maret 2017 - 11:31:55 WIB

Medan (Unimed) - Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed mengadakan kuliah umum bersama Balai Besar Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Wilayah I Medan. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (24/03). Pemateri dalam kuliah umum yang bertajuk “Bersahabat dengan Cuaca untuk Siaga Bencana” ini adalah kepada Balai Besar BMKG Wilayah I Medan yaitu Bapak  Edison Kurniawan, S.Si, M.Si. Selain beliau, turut hadir pula beberapa staf Balai Besar BMKG I Medan. Peserta kuliah umum ini adalah seluruh dosen dan mahasiswa Jurusan Pendiidkan Geografi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Ibu Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kantor Balai Besar BMKG Wilayah I Medan yang telah berkenan memberikan kuliah umum di Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan sangat bermanfaat baik bagi Jurusan Pendidikan Geografi. Ajang ini tentunya membuka wawasan dosen dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi terkait perkembangan bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika khsususnya dalam penyebaran informasi tentang potensi bencana alam di Sumatera Utara yang menjadi tugas pokok institusi dari BMKG. Pertemuan ini juga diharapkan dapat memotivasi dosen dan mahasiswa untuk meneliti dalam dibidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Dalam kuliah umum yang dipandu oleh Dr. Darwin P. Lubis, S.Si, M.Si, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I Medan Bapak Edison Kurniawan, S.Si, M.Si memaparkan tugas-tugas pokok dari BMKG dan perannya dalam mengedukasi masyarakat untuk lebih responsif isu-isu bencana alam khusunya di Sumatera Utara. Beliau menyampaikan bahwa BMKG Wilayah I Medan selama ini sudah memberikan pelayanan data dan informasi yang cepat dan akurat terkait iklim, cuaca, dan potensi bencana. Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah adanya Tsunami Early Warning System yang dapat memberikan peringatakan kapada masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya tsunumi. Selain itu, BMKG juga menyediakan informasi potensi bencana alam lainnya seperti kebakaran hutan, banjir, suhu ekstrim, dan lain-lain. Seluruh informasi tersebut tentunya diolah berdasarkan data yang valid dan terupdate yang diperoleh dari pengukuran dengan menggunakan peratalatan yang canggih dan terkalibrasi. BMKG juga menggunakan data citra satelit seperti MODIS, AQUA TERRA, dan NOAA yang diperubaharui secara terum menerus untuk memantau parameter-parameter iklim dan cuaca yang sangat dinamis. Diakhir kesempatan pemateri juga berinteraksi dengan mahasiswa dengan memberikan pertanyaan terkait fenomena Equinos di wilayah Indonesia. Mahasiswa sangat antusias dalam menjawab dan beberapa mahasiswa yang menjawab dengan tepat memperoleh sovenir dari Balai Besar BMKG Wilayah I Medan. Pemateri juga meberikan motivasi kepada mahasiswa untuk dapat terlibat dalam penelitian dibidang meteorologi, klimatologi, dan geogfisika dan BMKG sangat menyambut baik apabila dapat melakukan penelitian berkolaborasi dengan Jurusan Pendidikan Geografi.

Setelah pelaksanaan kegiatan ini, Ketua Jurusan Pendidikan Geografi Drs. Ali Nurman, M.Si memberikan rasa terima kasihnya kepada BMKG Wilayah I Medan yang sudah bersedia memberikan kuliah umum di Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed. Kagiatan seperti ini tentunya harus lebih intens dilakukan agar memberikan pengetahuan yang lebih banyak kepada mahasiswa tentang perkembangan keilmuan yang mereka pelajari di bangku kuliah, tidak hanya secara teori, namun juga secara praktis sesuai dengan tuntutan KKNI. Ketua jurusan juga berharap nantinya akan ada lanjutan dari kegiatan ini dalam bentuk studi banding ke Kantor Balai Besar BMKG Wilayah I Medan. (RhD)


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top