Jurusan Pendidikan Geografi Unimed Mengadakan Kuliah Umum bersama Guru Besar Geografi UGM

Selasa, 25 April 2017 - 05:01:00 WIB

Unimed (Medan), Jurusan pendidikan Geografi FIS Unimed kembali menggelar kuliah umum. Bertempat di Gedung Digital Library Lt 4. Universitas Negeri Medan tanggal 22 April 2017, kuliah umum yang bertemakan “Geografi Digital Inovasi dalam Pengelolaan Sumberdaya Geografis Indonesia di Abad 21” menghadirkan Prof. Dr. Suratman, M.Sc guru besar geografi Universitas Gadjah Mada sebagai nara sumber. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang yang melibatkan jajaran dosen, mahasiswa S1 dan mahasiswa PPG Pendidikan Geografi.

Ketua Jurusan Pendidikan Geografi Drs. Ali Nurman, M.Si dalam sambutannya menyambut baik kegiatan kuliah umum ini. Selain untuk meningkatkan pengetahuan dosen dan mahasiswa, kehadiran Prof. Suratman merupakan ajang silaturahmi jurusan pendidikan Unimed dengan geografi UGM.   Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Prof. Suratman yang telah berkenan memberikan kuliah umum di Jurusan Pendidikan Geografi Unimed. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebab melalui kuliah umum seperti ini maka akan tercipta transfer of knowledge yang baru dan terupdate bagi civitas akademika jurusan pendidikan geografi, terlebih kuliah umum ini diberikan oleh guru besar geografi UGM yang merupakan pusat perkembangan ilmu keogeografian di Indonesia.

Dalam pemaparannya, Bapak Prof. Dr. Suratman, M. Sc menerangkan bahwa saat ini kita sudah memasuki era digital yang menuntut kesiapan kita dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebesar-besarnya. Sudah saatnya kita melakukan inovasi-inovasi kreatif terhadap sumberdara geografis Indonesia yang sangat kaya dan potensial. Kita juga harus dapat berdaulat terhadap sumberdaya geografis indonesia sehingga tidak malah justru memberikan keuntungan bagi bangsa lain. Kita punya letak yang strategis, sinar matahari yang ada sepanjang tahun, hingga panorama alam yang sangat indah. Semua itu merupakan peluang yang dapat menjadikan bangsa ini menjadi sejahtera. Hal tersebut tentunya harus didorong dari bagaimana cara pandang geografi masyarakat untuk menangkap peluang-peluang tersebut tanpa harus merusak ataupun mengekploitasinya secara berlebihan. Kampus sebagai pusat keilmuan dan inovasi memegang peran setral untuk dapat memastikan bahwa pemanfaatan sumberdaya geografis tersebut berjalan dengan baik dan optimal. Dalam akhir paparannya Prof. Dr. Suratman, M.Sc menitipkan agar Geopark Danau Toba sebagai salah satu sumberdaya geografis Indonesia yang terletak di Sumatera Utara dapat dikelola dengan baik dan Jurusan Pendidikan Geografi Unimed harus dapat menjadi pusat data dan informasi Danau Toba.


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top