PENGOLAHAN LIMBAH IKAN YANG BERNILAI EKONOMIS MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Kamis, 24 Agustus 2017 - 14:29:49 WIB

Unimed - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu setiap tahunnya dosen melakukan kewajibannya melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan dengan harapan kegiatan tersebut memiliki dampak positif pada masyarakat.

Salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dengan dukungan LPM Unimed yaitu pemanfaatan Limbah Ikan menjadi produk yang bernilai ekonomi yaitu tepung ikan sebagai pakan ternak di Desa Rugemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini diketuai oleh Dra. Nurmala Berutu, M.Pd bersama anggota timnya Drs. Ahmad Hidayat, M.Si, Dr. Hermawan Syahputra, M.Si dan Meilinda Suriani Harefa, S.Pd, M.Si.

Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan melalui penjajakan awal terhadap peluang dan potensi usaha yang dapat dikembangkan oleh masyarakat di Desa tersebut. Desa Rugemuk memiliki 13 peternakan ayam dan bebek dengan skala besar yang bergantung terhadap pakan ternak dari bahan baku ikan untuk menghasilkan telur ayam dan bebek yang baik. Disamping peternakan skala besar, masyarakat di Desa Rugemuk memiliki mata pencaharian sampingan beternak ayam dan bebek disamping mata pencaharian utamanya adalah nelayan. Dra, Nurmala Berutu, M.Pd (Dekan FIS Unimed) mengungkapkan bahwa dengan potensi yang ada, untuk dikembangkannya usaha pengolahan tepung ikan dari limbah ikan hasil tangkapan ikan para nelayan dan ampas ikan yang dihasilkan TPI yang ada di Desa Rugemuk menjadi pakan ternak memiliki peluang yang besar dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Diharapkan dengan adanya produk lokal ini, pengusaha ternak ayam dan bebek tidak lagi membeli tepung ikan untuk pakan ternak dari luar. Dengan demikian pengusaha ternak dapat menekan biaya produksi dengan meminimalkan ongkos pembelian pakan dan masyarakat lokal yang mengolah tepung ikan dapat memperbaiki perekonomiannya. Selain itu, secara langsung eco green dapat diterapkan karena limbah dapat bermanfaat.

Untuk mendukung usaha yang akan dikembangkan di Desa Rugemuk, LPM Unimed melalui tim dosen telah menyerahkan peralatan dasar sebagai sarana pendukung pengolahan tepung ikan kepada pengurus kelompok Harapan Jaya yang diwakili oleh Ramli Saragih dan disasikan Sekretaris Desa Rugemuk Bapak Herianto pada tanggal 22 Juli 2017. Sarana pendukung ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Kelompok masyarakat Desa Rugemuk.

Selanjutnya tim dosen melakukan pelatihan pengolahan tepung ikan berbahan baku limbah ikan kepada kelompok masyarakat dengan memanfaatan sarana pendukung yang telah diserahkan. Selanjutnya untuk kemahiran pengolahan tepung ikan, kelompok diberi kesempatan berlatih secara mandiri dengan didampingi oleh Tim Dosen pelaksana pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Negeri Medan. Dengan pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan stakeholders Universitas Negeri Medan dapat lebih termotivasi untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga permasalahan yang berkembang dimasyarakat khususnya dalam hal peningkatan ekonomi dapat diatasi melalui kegiatan-kegiatan penguatan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh Unimed. (MSH)


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top