DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN IKAN BAGI MASYARAKAT NELAYAN MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Selasa, 05 September 2017 - 19:06:09 WIB

Kehidupan nelayan cenderung pada tingkat perekonomian yang rendah terlebih perekonomian nelayan tradisional. Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang cara pengolahan daging ikan menyebabkan daya jual ikan hasil olah secara tradisional  sangat murah dan tidak memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kondisi ini tentu saja membutuhkan gagasan dan ide solusi berbagai pihak untuk membantu. Peningkatan kualitas ekonomi masyarakat ini tentunya dapat dilakukan melalui berbagai aktifitas dan kegiatan ekonomi yang produktif dan inovatif.

Dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dengan dukungan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan dengan judul Diversifikasi Pengolahan Ikan Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Nelayan. Tim Dosen yang diketuai oleh M. Ridha Syafii Damanik, S.Pi , MSc dengan anggota tim M. Ridha Habibi Z, SE., M.Si. Ak., CA, Drs. Sriadhi, S.T., M.Pd., M.Kom., Ph.D dan Meilinda Suriani Harefa, S.Pd, M.Si turut berperan aktif dalam upaya pengembangan ekonomi masyarakat nelayan di Desa Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Pada kegiatan ini, tim Dosen turut membantu masyarakat dengan memberi sarana prasarana sebagai pendukung pengembangan usaha setelah dilakukannya pelatihan dan pendampingan kepada kelompok masyarakat.

Bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Tim Dosen ini adalah memberikan pelatihan pengolahan ikan menjadi Nugget Ikan dan Bakso Ikan dengan cara menganekaragamkan olahan hasil perikanan. Usaha perikanan melalui pengolahan nugget dan bakso ikan adalah salah satu alternatif pemanfaatan produk ikan yang nilai ekonomisnya rendah menjadi tinggi. Disamping memperpanjang umur simpanan ikan menjadi lebih lama. Kegiatan ini juga bermanfaat dalam hal mensukseskan program pemerintah untuk mengkampanyekan gemar makan ikan.

Selain pelatihan pengolahan ikan menjadi nugget dan bakso, kelompok masyarakat Desa Bagan Serdang juga diberikan pelatihan pengemasan dan pemasaran produk olahan tersebut yang disesuaikan dengan standar operasional yang baku untuk keberlanjutan usaha yang profit. Kelompok juga didampingi untuk mengelola administrasi dan keuangan baik secara manual serta penerapan sistem berbasis informasi dan teknologi untuk memperkuat manajemen usaha mitra dalam pengembangan usaha. Pendampingan usaha kepada mitra dilakukan hingga mitra layak menjual produk hasil olahan nugget dan bakso ikan kepada konsumen.


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya
Back to Top